Hadapi Pileg 2024: PBB Makassar Andalkan Milenial Pemuda Bulan Bintang

  • Bagikan
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Kota Makassar, Baso Patarai

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM – Organisasi sayap Partai Bulan Bintang (PBB), Pemuda Bulan Bintang yang menghimpun kaum milenial. Akan menjadi garda terdepan menghadapi pemilu 2024 di Kota Makassar dan Sulsel.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Kota Makassar, Baso Patarai, partainya sudah siap menghadapi pileg 2024. Apalagi dengan terbentuk struktur tingkat ranting hingga Provinsi.

“Kalau kami dari DPC PBB Makassar, sudah mengagendakan beberapa konsep untuk menghadapi pencalegan 2024. Jadi konsep kami, di Makassar itu sudah hampir 60 persen pemilunya itu milenial,”ujarnya, Selasa (21/3).

Ia berharap Pemuda Bulan Bintang sebagai badan otonom PBB dapat mendukung dan ikut serta dalam langkah-langkah strategis yang dibangun oleh partai dalam pileg Februari mendatang.

“Tentu, solid, dan kompak dalam satu komando. Saya harap Pemuda Bulan Bintang segera merangkul kelompok milenial untuk 2024. Ini mereka juga sudah masuk dalam komposisi caleg,” tuturnya.

Pada pemilu 2019 lalu. PBB di Sulsel atau kota Makassar tak mendudukan kader satupun di parlemen. Bahkan di 24 daerah hampir nyaris kosong kursi PBB di DPRD.

Oleh sebab itu, kata ada beberapa konsep yang telah diarahkan oleh DPC, yaitu sudah dimulai dari kata tagline Gaul. Nah itu sudah mulai digaungkan oleh pemuda Bulan Bintang.

“Jadi kami akan gerakkan pemuda bulan bintang, sebagai garda terdepan kami, untuk merangkul teman-teman milenial,”sambungnya.

Adapun upaya yang dilakukan memetakan tempat-tempat berkumpulnya para milenial, kemudian acara-acara apa untuk mereka sesuai dengan kegemaran kaum milenial untuk diajak bergabung bersama PBB.

Mengenai konsep yang pengkaderan itu, telah dipikirkan. Karena pengkaderan, perekrutan, dan semuanya memang dari awal itu milenial semua masuk dalam sayap PBB yakni Pemuda Bulan Bintang.

“Sesuai daya tarik anak muda, seperti seminar, game, itu sudah kami siapkan untuk menjaring teman-teman yang di milenial yang berkompeten dan siap maju di pencalonan untuk 2024,” ungkapnya.

Menurutnya, komposisi bacaleg di 5 dapil se-Kota Makassar rampung. Hanya saja di 2 dapil belum sepenuhnya terisi. Maka kedepan akan  dituntaskan.

“Kami sekarang, ada 3 dapil sudah siap. di dapil Biringkanaya-Tamalanrea,  Panakkukang-Manggala, serta dapil Mamarita itu sudah ada. Kalau dua dapil itu sementara kami siapkan,” terangnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang (DPC-PBB) Makassar, Arman Muin menuturkan, selain komposisi bacaleg yang rampung.

Kaitan kuota perempuan, pihaknya sudah sudah mempersiapkan 30 persen. Untuk di pencalegan nantinya. Bahkan sebagian dapil telah terpenuhi.

“Kemudian  struktur kami di DPC sudah memenuhi syarat 30 persen keterampilan perempuan. Kami juga sudah mempunyai kuota kuota perempuan yang bisa disalurkan dalam pencalegan nanti,” jelasnya secara singkat. (Yadi)

  • Bagikan