Jalur Perdagangan Rute Tanjung Silopo – Surabaya Segera Dibuka

  • Bagikan
Pemkab Polman bersama Management PT.Tanto karya Utama menggelar sosialisasi mekanisme Rute tanjung Silopo - Surabaya, di ruang pola kantor Bupati Polman.

POLMAN,¬†RAKYATSULBAR.COM— Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membuka jalur perdagangan antara Kabupaten Polman dan Surabaya lewat pelabuhan Tanjung Silopo – Surabaya, Selasa (4/4).

Dimana jalur perdagangan tanjung silopo, Surabaya ini difasilitasi oleh PT. Tanto karya utama perusahaan yang bergerak di bidang bongkar muat barang.

Untuk mendukung kerja sama ini Pemkab Polman bersama Management PT.Tanto Karya Utama menggelar sosialisasi mekanisme Rute tanjung Silopo – Surabaya, di ruang pola kantor Bupati Polman.

Sosialisasi itu dihadiri oleh Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, Director Of Operations  PT . Tanto Karya Utama Stevens H Lesawengen, Asisten 1 Pemkab Polman, Ketua Tim Percepatan kerja sama Haeruddin Anas, para kepala Desa, Lurah dan Camat serta para pengusaha di Polman. Selain itu Hadir juga HIPMI, Kadin dan Iwapi.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menyampaikan, kegiatan ini bermaksud memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha di Polman dan Sulbar kerja terkait kerja sama dengan PT. Tanto karya utama.

Dimana perusahaan ini hadir untuk memfasilitasi pengiriman barang dan komoditas dari Polman dan Sulbar.

“Di Surabaya itu pihak PT.Tanto sudah siapkan semua di pelabuhan mulai dari kapal, peti kemas gudang dan sebagainya kalau kita sudah melakukan pengiriman, untuk itu, saya meminta semua desa yang memiliki BUMDES agar sekiranya dapat mempersiapkan dan menyambut ini siapkan semua potensi yang ada untuk di kirim dan dipasarkan di Surabaya,”terangnya

“Saya nanti akan berkunjung kesana dan cari tau kebutuhan apa yang paling dibutuhkan di Surabaya yang banyak di Polman agar kerja sama ini berjalan terus, begitu pula sebaliknya, kita juga harus siap menerima apa yang ada di Surabaya untuk di pasarkan di daerah kita,”sambungnya.

Sementara itu, di Rector Of Operations PT.Tanto karya utama Steven H Lesawengen mengatakan, memilih kabupaten Polman untuk membantu kerja sama Jalur perdagangan ini, lantaran dirinya dan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar ada history bisnis dan berkenalan dengan Andi Ibrahim Masdar sebelum menjadi anggota DPRD Sulsel, sehingga melalui historis itu dimulai lagi kerja sama ini.

“Saya bersama Bupati melihat disini ada kebuntuan bisnis mindset berdagang  sehingga dengan hadirnya Tanto derek Line Surabaya, saya yakin kebuntuan itu akan segera mencair, apatah lagi kapal container kita satu kali jalan itu dapat memuat 300 sampai 400 teus dan tidak menutup kemungkinan kapal kita itu akan singgah di Makassar, Surabaya atau Balikpapan dan Surabaya- Polman prinsipnya kita akan tumbuh kembangkan ekonomi di Polman,”jelas Stevens

Menurutnya, untuk rute Surabaya – Polman itu jarak tempuh kapal bisa sampai 4- 5 hari begitu juga sebaliknya dari Polman – Surabaya. “Yang jelas, kita sudah persiapkan semua di Surabaya tinggal kesiapannya masyarakat Polman untuk menyambut ini,”pungkasnya. (win/*)

  • Bagikan