Akibat Longsor, 4 Desa di Kalumpang Terisolir

  • Bagikan
Akses jalan poros di Desa Kalumpang tertutup longsor

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM — Akibat curah hujan yang begitu tinggi membuat akses Jalan poros desa di Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, ¬†Sulawesi Barat (Sulbar) ¬†tertimbun longsor, Selasa (9/1/24). ¬†

Salah satu warga Desa Karataung Yudi mengatakan, longsor di Kalumpang mengakibatkan empat desa terisolir yakni Desa Salu Matti, Karataung, Salu ada, Desa Lassa.

“Longsor di Kecamatan Kalumpang dipicu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Mamuju sejak siang hari hingga malam dini hari,” pungkasnya.

Yudi mengatakan, akses jalan poros desa yang tertimbun longsor tersebut akibat bukit yang ada disepanjang jalan poros desa.  Dimana ada sekitar 10 titik mengalami longsor.

“Ada sekitar 10 titik longsor  yang ada di sepanjang jalan poros desa, sehingga  mengakibatkan 4 desa kini masih terisolir,”ungkapnya.

Akibat tingginya material longsor yang menimbun jalan poros desa, kendaraan roda dua yang ingin melintas di jalur  yang tertimbun longsor sulit untuk melintas.

“Warga yang ingin melintas di jalur yang tertimbun longsor terpaksa harus berjalan kaki jika ingin menuju ke kota kecamatan jaraknya ada sekitar 10 kilo,” ujar Yudi.

“Ini jalan utama tertutup longsor menghubungkan Desa Karataun, Desa Batuisi, Desa Lasa dan Desa Salumakki,”sambungnya.

Warga pun berharap, pemerintah daerah bisa menurunkan alat berat untuk membuka akses jalan yang ditutup longsor. (*)

  • Bagikan