Dewan Minta Tumpukan Sampah di Area RSUD Segera Diatasi

  • Bagikan
Tumpukan Sampah di Area RSUD Polman
Tumpukan Sampah di Area RSUD Polman

POLMAN, RAKYATSULBAR.COM — Ketua Dewan Perwakila Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Polman, didampingi ketua Komisi III beserta anggota DPRD lainnya meninjau langsung adanya laporan masyarakat terkait tumpukan sampah yang berada di area RSUD Hj Andi Depu.

Tumpukan sampah tersebut yang sudah lama menumpuk di area RSUD Hj Andi Depu itu menjadi catatan bagi dewan, manajemen rumah sakit masih perlu diperbaiki khususnya pada penanganan sampah domestik dalam area RSUD.

“Secara aturan tidak boleh ada tumpukan sampah di area RSUD, karena itu akan membawa penyakit, makanya berdasarkan laporan masyarakat terkait adanya tumpukan sampah domestik atau non medis sehingga kita turun kroscek langsung ternyata benar, adanya sehingga kita meminta dalam dekat ini sampah yang menumpuk itu segera mungkin bisa diatasi dan tidak lagi berada di area itu karena itu akan mengganggu kenyamanan dalam rumah sakit,”terang Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud saat meninjau lokasi pembuangan sampah dalam area rumah sakit, Selasa (14/3).

Jupri menegaskan, sejatinya management rumah sakit harus bertanggung dan segera mungkin dapat mengangkut Sampah yang bertumpuk itu.

“Yang jelas, dalam waktu dekat ini sampah itu sudah diangkut dan sudah bersih di area itu, karena kita tidak mau kalau kenyamanan pasien terganggu hanya karena adanya aroma tak sedap dari tumpukan sampah itu,”tegasnya.

Sementara itu, petugas Sanitarian RSUD HJ Andi Depu Marwan Ismail mengakui, kalau tumpukan sampah itu ada sejak tidak adanya pengangkutan sampah dari DLHK, sehingga semua sampah non medis atau sampah domestik dibuang ke belakang karena tidak ada tempat pembuangan.

Sebab apabila sampah tersebut disimpan di pinggir jalan di depan rumah sakit maka mungkin sepanjang jalan akan penuh dan masyarakat akan komplain akan baunya sehingga alternatifnya di buang sementara di belakang. Namun sampahnya hanya sampah domestik saja karena kalau sampah medis tetap diangkut oleh pihak ketiga.

“Insyaallah secepatnya sampah ini akan diangkut, dan kita akan upayakan berkoordinasi dengan DLHK untuk segera diangkut, selain itu, kita juga nanti akan kelola sampah sendiri melalui TPS3R,tapi untuk sementara segera akan kita angkut sampahnya,”pungkas Marwan.

(Win/Rakbar/A)

  • Bagikan