Rektor Prof JJ: Tegaskan Masyarakat Jangan Percaya Orda Janjikan Maba Masuk Unhas, Jika Kedapatan Dipecat

  • Bagikan
Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM — ┬áRektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa mengingatkan masyarakat khususnya para orang tua yang anaknya akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Unhas, untuk tidak percaya pada calo yang menawarkan jasa kelulusan.

“Kami sudah tegaskan tidak ada titipan dan janji-janji mahasiswa baru masuk Unhas. Maka kami meminta calon mahasiswa untuk tak mempercayai joki atau calo,” ujarnya Prof. JJ, saat silaturahmi dan buka puasa bersama awak media di Unhas, Sabtu (7/4/24) malam.

Dia menegaskan, Unhas memastikan akan memproses secara hukum jika ada yang terlibat. Dengan demikian, ia meminta publik mengawasi dan melaporkan.

“Tolong dilaporkan, kita bersama-sama tangkap dan kita pasti akan tau kalau dia dosen pegawai pasti kita akan pecat,” tegasnya.

“Saya sudah sering sampaikan kalau ada begitu kita pasti akan proses,” tambah dia.

Menunutnya, jika isu permainan calo hingga joki sudah sering menimpa kampus unhas setiap penerimaan mahasiswa baru. Ia meyakini kasus ini tak akan terjadi dengan proses seleksi ketat.

Ia berharap agar masyarakat betul-betul untuk melaporkan dan jangan percaya di luar dari info resmi dari Unhas.

“Tidak ada yang bisa memuluskan seseorang, kalau dulu sering ada gosip-gosip yang terjadi, tapi ini kita akan memutus rantai itu dan ini harus disebarluaskan informasi ke masyarakat,” tambahnya

Olehnya itu, ia berharap semua masyarakat untuk mengakses informasi resmi di web Unhas Makassar dengan memberi kepercayaan kepada tim seleksi mahasiswa baru.

“Kalau ada orang dan siapapun itu dan bisa mengatakan bisa dibantu jangan percaya. Jadi kita berharap teman-teman di daerah dimanapun pesantren tetap semangat melalui jalur yang telah ada,” sebutnya

Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin membeberkan sesuai data. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah diumumkan.

Universitas Hasanuddin (Unhas) merilis fakultas dengan peminat terbanyak di SNBP. Dari rumpun ilmu saintek, Prodi Kedokteran tetap jadi primadona.

Sebanyak 1165 calon mahasiswa berebut kursi di Prodi Kedokteran Unhas. Kemudian, ada Prodi Kedokteran Hewan dengan 1007 peminat.

Lalu ada prodi Psikologi dengan 998 peminat. Berikutnya dari Fakultas Teknik ada Prodi Teknik sipil sebanyak 970 peminat. Serta dari Teknik mesin ada 889 peminat.

Sementara itu dari rumpun ilmu sosial dan humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas jadi terdepan menggaet minat calon mahasiswa.

Prodi  Manajemen masih jadi favorit dengan 1750 calon mahasiswa. Diikuti Prodi Akuntansi sebanyak 1715 peminat. Prodi Ekonomi Pembangunan ada 1548 peminat.

Lalu Peodu Ekonomi bisnis islam sebanyak 1457 calon mahasiswa. Serta melengkapi 5 besar ada, Prodi Ilmu hukum dengan 1336 pendaftar.

Prof Ruslin mengaku saat ini tahapan SNBP sudah memasuki masa pendaftaran ulang. Pendaftaran ulang harus masukkan berkas untuk verifikasi sesuai yang dimasukkan secara online dengan yang cetak.

“Akan ada juga penyampaian penentuan UKT. Ini kesempatan pendaftaran ulang sampai 29 April,” lanjutnya. (*)

  • Bagikan